Lokakarya Membangun CV dan Personal Branding Learning Designer


Informasi Kegiatan

KomponenKonten / Informasi
ProgramEducational Technology Career Lab
Hari, TanggalSabtu – Minggu, 15 – 16 Februari 2025
Waktu08:00 – 12.00 WIB
TempatZoom Meeting
NarasumberAhmad Rian Sakuro, S.Pd
PengelolaTim Pengembang EDTECH Career Lab
Mitra PelatihanIkatan Mahasiswa Teknologi Pendidikan Seluruh Indonesia
Kode PelatihanDPAK-ETCL-02-01-y25
Kode Sitasi0194e386-2266-7346-9978-d935941945b7

Selayang Pandang

Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif, memiliki curriculum vitae (CV) dan personal branding yang kuat menjadi kunci utama bagi lulusan Teknologi Pendidikan untuk meningkatkan daya saing mereka. Pelatihan pengembangan CV dan personal branding ini dirancang untuk menyiapkan mahasiswa dan alumni teknologi pendidikan membangun citra diri yang profesional di dunia digital. Narasumber pelatihan ini adalah Ahmad Rian Sakuro, S.Pd, seorang training officer di Kompas Gramedia, Jakarta.

Pelatihan ini akan dilangsungkan secara daring pada akhir pekan di minggu kedua bulan Februari. Pelatihan ini terdiri dari dua sesi utama, yaitu pengenalan personal branding dan praktikum pengembangan CV. Di sesi pertama, peserta akan mengidentifikasi niche profesional lulusan teknologi pendidikan, memahami strategi personal branding, serta mengoptimalkan profil LinkedIn agar dilirik oleh rekruter. Pada sesi praktikum, narasumber akan membimbing para peserta untuk menyusun CV yang ramah Applicant Tracking System (ATS), memberikan masukan konstruktif pada kualitas profil LinkedIn serta strategi berjejaring di komunitas profesional.

Tujuan

  1. Membantu peserta mengidentifikasi niche profesional
    mereka di industri EdTech.
  2. Mengembangkan keterampilan dalam menyusun CV
    ramah ATS.
  3. Memberikan pengalaman langsung dalam mengoptimalkan profil LinkedIn.
  4. Mengajarkan strategi membangun personal branding digital melalui konten, koneksi, dan interaksi di
    LinkedIn.
  5. Meningkatkan efikasi diri peserta dalam memasarkan
    diri di dunia profesional.

Sasaran Peserta

  1. Mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan
  2. Alumni S1 Teknologi Pendidikan
  3. Praktisi bidang Teknologi Pembelajaran, Learning
    Development dari segala sektor
  4. Dosen Departemen atau Program Studi Teknologi
    Pendidikan

Luaran Kegiatan

  1. 10 Peserta mengunggah hasil pengembangan CV
    ATS di LinkedIn.
  2. 10 Peserta mengoptimalkan Profil LinkedIn.
  3. 10 Peserta mempublikasikan proses pelatihan di Instagram / LinkedIn secara kreatif.
  4. Rekaman penyampaian materi dapat diakses
    melalui YouTube secara gratis.
  5. Peserta yang telah menuntaskan proses pembelajaran mendapatkan sertifikat elektronik dengan capaian belajar 8 JP.
  6. Dokumentasi proses pelaksanaan pelatihan yang diunggah pada sosial media program.
  7. Siaran pers hasil pelaksanaan pelatihan yang dipublikasikan di media lokal atau populer.
  8. Artikel ilmiah hasil pelaksanaan program terpublikasi di peer-reviewed journal.

Topik dan Capaian Pembelajaran

Membangun Personal Branding dari Nol

  1. Peserta mengidentifikasi elemen penting dalam
    personal branding melalui contoh kasus yang
    diberikan dengan menyebutkan minimal 3 elemen
    kunci pasca pemberian materi.
  2. Peserta memilih 3 kata kunci kompetensi lulusan
    teknologi pendidikan yang sesuai dengan minatnya
    untuk personal branding yang akan dibangunnya.
  3. Peserta Pelatihan mampu menentukan platform
    yang sesuai untuk membangun personal branding
    melalui rasionalisasi yang diberikan.
  4. Peserta mampu mengingat kembali materi yang
    telah diberikan yang ditunjukkan dengan kebenaran
    jawaban post-test di atas 3/4 dari total soal.
  5. Peserta menanyakan perbedaan antara bidang
    teknologi pendidikan dengan bidang ilmu lain
    karena adanya kemiripan bidang garapan.
  6. Peserta mampu memberikan pernyataan sederhana akan personal branding yang akan dibangunnya minimal 100 karakter.

Membuat CV Ramah ATS

  1. Peserta membandingkan CV yang dimilikinya
    dengan contoh CV ideal yang diberikan pada
    saat pemaparan materi dengan menunjukkan 3
    bagian/aspek/elemen yang dapat direvisi sesuai
    dengan contoh CV ideal.
  2. Peserta mampu merancang CV sesuai dengan contoh CV ideal dengan mengintegrasikan
    3 prinsip dan elemen kunci dari kompetensi lulusan teknologi pendidikan baik kata
    kunci/desain/copywriting.
  3. Peserta mampu menyimpulkan proses pengerjaan CV-nya dengan ringkas (350 karakter) dengan
    menceritakan proses telaah dan membandingkan
    CV sebelum diberikan pelatihan dan pasca pelatihan.
  4. Peserta mampu menunjukkan hasil rancangan CV
    yang telah dibuat kepada publik yang dilakukan
    melalui unggahan pada platform yang dipilih untuk
    melakukan personal branding.